Ragu Berbahasa Inggris Saat Traveling? Tak usah ragu!

By on November 23, 2016

Bahasa inggris memang bahasa global, di jaman yang semakin maju ini, bahasa inggris kian menyebar keseluruh penjuru dunia. Namun masalah kendala memang menjadi urusan penting saat ini, tapi jangan ragu, jangan sampai kalian Ā menggagalkan rencana liburan karena nggak bisa bahasa inggris.

Pertama, sadarilah kalau manusia ini adalah makhluk sosial. Sejauh apapun kalian melangkah, hakikatnya sebagai manusia saling membutuhkan. Dengan mempercayai hal simpel seperti tadi, kalian akan makin pede untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan sosial, misalnya bertanya antar turis maupun bertanya pada warga lokal di destinasi tujuan kalian.

Tidak usah malu ya

Bertanyalah pelan-pelan, dengan menggunakan kamus kalian bisa bertanya pada warga sekitar. Tak usah malu jika salah dan terbata-bata, kebanyakan bule-bule sangat menghormati dan tidak memperdulikan soal yang mendetail seperti grammar, namun agar mereka tetap mengerti bertanyalah pelan-pelan, santai saja.

Memang budaya nonton film holywood dan lagu-lagu berbahasa inggris kian populer, tapi dibeberapa negara, bahasa inggris tidak melulu menjadi bahasa utama. Layaknya di indonesia, beberapa negara masih menggunakan bahasa asli sebagai bahasa sehari-hari. Kutiplah beberapa kata sapaan khas dari daerah tersebut, coba cari apa ‘terima kasih’, ‘tolong’ versi bahasa setempat, dengan begitu kalian akan lebih mudah mendapat bantuan dari warga sekitar.

Gunakan bahasa tubuh

Manfaatkan juga fisik kalian jika dirasa sulit dimengerti, gunakan bahasa-bahasa isyarat umum seperti menjulurkan tangan ke mulut saat menari lokasi makanan. Dengan begitu orang akan mengerti dan bisa menoloong apa yang kalian butuhkan.

Memang banyak orang jahat di dunia ini, tapi masih banyak lho orang yang peduli dengan klaian, jadi jangan ragu-ragu untuk bertanya, meminta bantuan, selama apa yang kalian minta masih wajar, orang akan segera menolong kalian. Komunikasi dengan bahasa baik verbal maupun lisan akan sangat membantu kalian, apabila kalian tersesat, tunjukkan lah peta, bagaimana cara mengaksesnya, dijamin orang akan membantu kalian. Jangan lupa ucapkan salam dan terimakasih ya.

Nah, sudah terbukti kan kalau untuk jalan-jalan keliling dunia kalian tidak perlu menjadi seorang yang pintar berbahasa inggris, malahan ada lho orang yang tadinya tidak bisa sama sekali berbahasa inggris, setelah kembali berjalan-jalan mereka makin fasih ber was-wes-wos english.

About James Siregar