Keliling Malioboro Dengan Delman

By on December 6, 2018

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta sudah berencana akan membuat kawasan wisata Maliobro bebas kendaraan bermotor. Sehingga lingkungan akan lebih asri dan memberikan kenyamanan untuk para wisatawan. Dengan bebas kendaraan bermotor, nantinya untuk menjemput wisatawan menuju kawasan Malioboro termasuk juga berkeliling objek wisata Malioboro di kabarkan akan menggunakan Andong atau delman.

Delman di perkirakan akan menjadi alat transportasi di kawasan wisata Malioboro untuk para wisatawan. Delman yang akan di gunakan pun nanti akan dilakukan pemilihan. Delman harus layak jalan atau memiliki surat izin operasional kendaraan bermotor (SIOP KTB).

Baca:  Lombok Terpilih Menjadi Wisata Ramah Untuk Muslim di Indonesia

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Wirawan Hario Yudho menyampaikan jika saat ini jumlah Andong di DIY sekitar 540 yang menyebar di Sleman, Kota Yogyakarta dan Bantul. Ada sekitar 213 andong yang sudah dinyatakan layak jalan dan mendapatkan SIOP KTB. SIOP KTB ini wajib dimiliki pemilik andong sebagai syarat utama guna beroperasi di kawasan Malioboro dan sekitarnya.

Bekerja sama dengan Paguyuban Kusir Andong DIY, Dishub Kota Yogyakarta akan melakukan kualifikasi terhadap delman yang dinyatakan layak jalan. Adapun kriteria nya seperti lampu, bel, pakaian kuda, pakaian surjan atau batik lurik untuk pengemudi, tempat kotoran kuda, dan kereta wajib dicat.

Baca:  Pantai Pianemo Masuk Deretan Pantai Terbaik Sedunia

About James Siregar