Mungkinkah Bali Memiliki LRT?

Sebagai salah satu tujuan wisata favorit tidak hanya untuk warga Indonesia tetapi juga untuk warga Dunia menjadikan bali sebagai salah satu tujuan wisata yang sangat diperhitungkan Dunia. Namun Bali tetaplah daerah biasa yang tetap memiliki masalah persoalan kota kota besar seperti salah satunya adalah kemacetan dan permasalahan transportasi lainnya yang kerap melanda daerah Bali. Solusi dari kemacetan dan permasalahan transportasi di Bali sendiri saat ini adalah dengan menggalakkan transportasi publik seperti salah satunya adalah LRT atau Light Rail Transit yang saat ini tengah dikembangkan di Jakarta.

Lalu apakah mungkin Bali memiliki moda transportasi LRT kedepannya? Menurut Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yaitu Hermanto Dwiatmoko yang menjelaskan bahwa kedepannya pembangunan moda transportasi seperti LRT akan memiliki kendala jika diadakan di Bali dikarenakan masalah adat. Menurut hasil studi yang pernah dilakukan di Bali, terdapat tantangan akan adat setempat, jika anda perhatikan di kota kota besar yang ada di Bali anda tidak akan menemukan satupun jalan layang. Dari Undang Undang sendiri tidak diperbolehkan adanya perlintasan kereta sebidang, dan jika dilangsungkan pembangunan jalan layang dan juga underpass maka akan terbentur dengan aturan adat di Bali. Tetapi masalah ini bisa saja solved apabila antara pemerintah dengan masyarakat Bali dapat berdiskusi bersama mengenai hal pembangunan jalan layang.

Kemudian sebagai solusi lain untuk masalah transportasi di Bali ini bisa dibangun sarana transportasi lainnya seperti salah satunya adalah Trem, moda transportasi ini bisa dibangun bersebelahan langsung dengan jalan raya, menurut Undang Undang sendiri trem dapat mempergunakan perlintasan sebidang, dan trem juga bisa langsung dengan jalan raya yang ada di Bali.

James Siregar:
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.