Fakta Seputar Taman Nasional Komodo Yang Jarang diketahui Publik

Taman Nasional Komodo didirikan pada tanggal 6 Maret 1980 dan kini sudah memasuki usia 37 tahun. Taman ini berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat ini menjadi daya tarik wisatawan asing dan domestik. Sebab disini merupakan tempat untuk melihat hewan purba Komodo. Namun walaupun sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, ternyata ada beberapa fakta yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Dan berikut faktanya.

Masuk Dalam Situs Warisan Dunia

Taman Nasional Komodo sudah masuk dalam situs warisan dunia oleh UNESCO ditahun 1991. Penetapan ini diberikan pada sesi ke 15 UNESCO karena masuk sebagai kategori situs alam yang mengandung fenomena luar biasa dan estetika yang langka. Selain itu, pada tahun 1977, Taman Nasional Komodo dijadikan Cagar manusia oleh Biosfer

Taman Nasional Komodo Menjadi Habitat Terakhir Naga

Berdasarkan investigasi yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Universitas Melbourne, menemukan abhwa Komodo merupakan spesies yang pernah hidup di Australia. Mereka kemudia bermigrasi sekitar 900 ribu tahun yang lalu, kemudian tiba di Kepulauan Sunda Kecil dan berhasil bertahan hingga saat ini. Dan bisa disimpulkan bahwa Taman Nasional Komodo menjadi tempat terakhir mereka berkembang biat dan mati secara alami.

Menjadi 7 keajaiban dunia

Ditahun 2017, Taman ini dipilih sebagai calon pemenang 7 keajaiban dunia baru. Taman nasional komodo masuk dalam 7 keajaiban dunia bersama keajaiban lainnya seperti Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan Table Mountain. Dab pada saat pemilihan yang diselenggarakan pada bulan November 2011, Taman Nasional Komodo berhasil memperoleh suara terbanyak dan masuk kedalam 7 keajaiban dunia.

Memiliki kekayaan laut tertinggi di dunia

Taman Nasional Komodo berada di kawasan pulau-pulau vulkanis dan berada kawasan gunung api aktif. Selain itu. Kawasan ini juga memiliki kekayaan laut yang sangat luar biasa. Taman nasional komodo memiliki kekayaan laut paling tinggi di dunia. Tempat ini di kelilingi oleh Laut Sawu, dan Flores. dengan kekayaan 76 persen spesies laut dunia.

James Siregar:
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.