Pesona Hutan Batu di Sulawesi Selatan

Pulau Sulawesi sudah lama dikenal dengan wisata pantainya. Banyak pantai yang menarik untuk dikunjungi disini. Selain itu, Sulawesi Selatan cukup dikenal dengan kumpulan Karst menawan, yang memiliki bentuk unik yaitu berupa julangan bukit kerucut sehingga menyerupai hutan batu. Dan tempat ini populer dikunjungi masyarakat sekitar., hutan batu ini berada di wilayah Maros – Pangkep. Tempat ini bisa menjadi alternatif jika berkunjung ke Sulawesi selatan, sebelum mengunjungi pantainya bisa menikmati dulu keindahan hutan batu disini.

Semakin mempercantik pemandangan disini, ada juga pemandangan sawah hijau sehingga memberikan warna yang kontras dengan hutan batu disekitar. Pengunjung akan di suguhkan pemandangan yang indah di tempat ini ditambah ada beberapa rumah didaerah tersebut sehingga memberikan kesan yang cukup dramatis.

Didukung dengan topografi, sangat wajar jika tempat ini banyak sekali gua di sekitar hutan batu. Ada sekitar 30 Gua dari 268 mulut gua ditempat ini seperti yang sudah di identifikasi oleh Bappeda dan Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Sulawesi Selatan. Gua-gua tersebut sebagian besar punya stalaktit dan stalagmit yang indah.

Selain itu, kawasan hutan batu ini memiliki sumber air yang sangat berlimpah. Masyarakat sekitar bergantung pada sumber mata air yang berada di kawasan hutan batu ini. Sangat disayangkan jika tidak berkunjung kesini saat berada di Sulawesi Selatan.

 

James Siregar:
Related Post
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.