Meski Cantik, Bali tak Jadi Pulau Terbaik di Dunia

Di dunia, Bali sudah terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Sayangnya, keindahan Bali tak cukup memukai pembaca Travel+Leisure. Bali turun dari peringkat dua di tahun lalu menjadi peringkat ke enam tahun ini.

Bali juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura. Bahkan terkadang, wisatawan lebih mengenal nama Bali dibanding nama Indonesia sendiri.

Pariwisata Bali menonjolkan keindahan pantai-pantainya, mulai dari pantai yang ramai di Kuta hingga pantai yang terkenal dengan lumba-lumba di Lovina. Sebagian pantai di Bali juga menjadi bagian dari resor mewah, salah satunya adalah Pantai Kamakandara.

Bali menjadi tujuan wisata umum, artinya siapa saja bisa menikmati pulau indah ini. Para wisatawan muda atau backpacker yang mencari kehidupan malam yang meriah bisa mengunjungi Kuta atau Legian dengan deretan bar dan kafe yang hidup sepanjang malam. Para pasangan yang ingin berbulan madu dengan tenang dapat menikmati Bali dari Ubud, wilayah perbukitan yang asli dengan bukit-bukit hijau dan sawahnya. Juga, kaum elite dengan pilihan paket wisata mewahnya.

Meski menjadi primadona wisata Indonesia dan dikunjungi jutaan wisatawan asing setiap tahunnya, Bali tetap memegang teguh tradisi leluhur. Hal ini terlihat banyaknya sesajen di hampir semua jalanan pulau ini, yang sama sekali tidak boleh diganggu oleh turis.

James Siregar:
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.