Menyantap Tempura di Negeri Asalnya

By on November 23, 2016

Tempura, adalah salah satu khas kuliner negeri sakura alias Jepang. Kuliner gorengan ini memang sudah terkenal kemana-mana, tidak hanya populer di negara asalnya. Di Indonesia sendiri sudah banyak resto-resto ala jepang yang menawarkan menu utama dengan Tempura. Namun, pernahkah terbersit untuk menyantap gorengan ini di negaranya lansung? Kalau ada rencana berlibur ke Jepang, ada baiknya kalian menyantapnya di warung-warung, kedai hingga resto besar. Bebas-bebas saja sesuai dengan kemampuan kalian.

Tempura sendiri berasal dari bahasa Portugis, temporas yang berarti masa suci, tempero atau bumbu dapur dan templo yang artinya adalah kuil. Pada zaman dahulu, tempura cuma sekedar makanan rakyat jelata, namun seiring berjalannya waktu, makanan ini berkembang menjadi makanan favorit semua orang.

Resto tempura umumnya memiliki susunah interior yang sangat efisien. Pada lantai pertama kalian akan bertemu langsung dengan para juru masak, menikmati termpura pesanan kalian persis di depan meja koki bekerja. Pada lantai dua, ruangan disana diisi dengan lesehan beserta tempat duduk yang mirip dengan yang dilantai satu, namun bentuknya lebih kecil. Restoran ini biasanya ramai dikunjungi pada saat jam makan siang.

Baca:  Indonesia Peringkat Ke 6 Sebagai Negara Terindah Di Dunia

Dibandingkan dengan gorengan Indonesia yang penuh tepung dan minyak, tempura terasa lebih sehat karena bahan termpura sendiri berasal dari ikan-ikan yang menyehatkan, belut (unagi) hingga aneka sayuran segar. Kadar tepung di tempura sendiri tidak sebanyak tempura yang ada di Indonesia. Jadi tidak akan seret pada saat menikmatinya.

Sebelum menyantap tempura, kalian akan disuguhkan semangkuk sup kerang yang rasanya sangat nikmat. Sup ini bisa menghangatkan badan kalian yang sedang kedinginan juga lho. Setelah itu kalian bisa langsung menyantap nikmatnya tempura bersama dengan porsi nasi yang pas. Apabila kamu biasa dengan rasa pedas seperti turis asal Indonesia pada umumnya, disediakan pula bubuk cabe. Memang, rasa tempura ini tidak pedas.

Baca:  Dengan Syarat Unik, Swedia Tawarkan Nginap Gratis

Umumnya warga jepang sendiri menyantap tempura ini dengan cara berduruk bersimpuh. Memang budaya mereka yang mengajarkan untuk makan dengan cara duduk bersimpuh, sementara kebanyakan wisatawan lain yang tidak biasa duduk bersimpuh, lansung duduk bersila sambil merasakan nikmatnya tempura khas jepang.

Minuman Paprika yang Menyehatkan 

Uniknya, sehabis memakan tempura kalian akan disuguhi minuman yang berasal dari perasan paprika merah. Rasanya yang getir dan sedikit pedas tetap memberikan kesan segar. Minuman paprika itu memang bisa menjadi penawar mulut yang terasa berminyak, dan ternyata mpaprika terkenal sebagai pembersih kolestrol pada darah dan bisa menjaga kesehatan jantung kalian.

Makanya, meski doyan makan-makanan gorengan seperti tempura, orang jepang tetap sehat bugar karena terbiasa mengkonsumsi makanan yang bisa menjaga keseimbangan tubuh.

About James Siregar