Hal yang perlu dihindari ketika kamu berlibur ke Pulau Komodo

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pulau Komodo, ya Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur memiliki tempat wisata yang memikat wisatawan luar ataupun wisatawan lokal. Ditambah lagi dengan adanya hewan komodo yang merupakan hewan yang berasal dari zaman purba yang dijuluki sebagai naga.

Taman Nasional Komodo yang banyak dikunjungi oleh wisatawan asing atau lokal ini akan berdampak terhadap meningkatnya perekonomian daerah tersebut. Namun hal tersebut juga memiliki dampak yang buruk, terutama keberadaan tangan jahil yang akan mengganggu kelangsungan ekosistem didaerah tersebut.

Pada bulan Agustus 2018 terjadi kasus di Gili Lawa yang masih masuk dalam Taman Nasional Komodo terbakar gara-gara puntung rokok yang dibuang sembarangan. Api cepat membesar karena angin cukup kencang , akibatnya pulau yang biasa digunakan wisatawan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan tenggelam pun menjadi menghitam.

Insiden seperti itu bisa terjadi akibat wisatawan yang tidak memahami apa saja yang dilarang dilakukan disana. Selain itu masih banyak juga wisatawan yang tidak mengerti jika taman Nasional Komodo adalah wilayah konservasi.

Ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan disana dan itu perlu dihindari seperti menyalakan api, ya menyalakan apai merupakan kegiatan yang dilarang di Taman Nasional Komodo, termasuk merokok atau membuat api unggun.

Selain itu, wisatawan juga dilarang menyentuh semua jenis hewan. Ini karena hewan bisa merasa terancam akibat sentuhan manusia. Selain itu, untuk para penyelam tidak dizinkan untuk menyentuh karang. Terdapat 11 titik penyelaman dengan pemandangan indah di sekitar Taman Nasional Komodo dan hanya mereka yang memegang sertifikat advance yang diizinkan menyelam.

Ada juga larangan untuk tidak membawa minuman dalam kemasan atau makanan dalam wadah styrofoam. Wisatawan dianjurkan membawa botol minuman atau wadah makanan ramah lingkungan.

James Siregar:
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.