Gunungkidul Siap Bangun Smart City dan e-Tourism

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul berencana akan segera membangunb smart city pada tahun ini. lalu untuk sektor pariwisata akan segera diluncurkan e-tourism. Mulai dari informasi wisata Gunungkidul sampai tiket nanti bisa ditemukan di Internet.  

Kepala Bidang (Kabid) Layanan Informatika, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, jika e-tourism merupakan produk pemanfaatan smart city pada sektor pariwisata, dengan adanya e-tourism ini, Pemkab berharap bisa meningkatkan sektor pariwisata di Kabupaten Gunungkidul.

Dengan adanya e-tourism ini Pemkab berharap sudah bisa melayani wisatawan sebelum datang ke tempat wisata. Wisatawan nantinya akan disuguhkan tempat wisata dalam platform digital. Didalamnya juga sudah tersedia e-tiketing, e-hotel, e-kuliner, e-transport yang memudahkan wisatawan saat berkunjung ke Gunungkidul

Selain itu e-tourism juga menjadi langkah Pemkab Gunungkidul untuk dapat berinteraksi dengan wisatawan yang datang ke tempat ini. interaksi ini bisa menunjang pariwisata di Gunungkidul.

Dengan e-tourism ini kita bisa melihat tempat wisata mana yang paling banyak diminati, dan tempat wisata mana yang tidak diminati. Yang ditidak diminati disebabkan oleh apa sehingga nanti bisa segera di perbaiki.

Dengan adanya e-tourism, Pemkab tidak lagi berorientasi berapa jumlah wisatawan yang masuk ke Gunungkidul, tapi berubah jadi apa yang dirasakan para wisatawan saat berkunjung ke Gunungkidul. Dengan itu, sektor pariwisata dapat lebih berkembang lagi.

James Siregar:
Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.