5 Tips Travelling Di Masa Pandemi Covid-19

By on April 8, 2021

Pada masa pandemi Covid-19, aktivitas yang terbatas membuat masyarakat kurang produktif dalam kesehariannya. Hal tersebut dapat membuat sebagian masyarakat jenuh dan mulai berpikir untuk berlibur agar pikiran kembali jernih.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang sudah berjalan membuat pemerintah mulai kembali membuka sektor pariwisata secara perlahan. Hal ini tentunya menjadi angina segar bagi pelaku wisata, khususnya masyarakat yang ingin segera travelling untuk mendinginkan kejenuhan yang terjadi selama pandemi.

Meski begitu, penularan Covid-19 masih mengancam masyarakat. Oleh karena itu diperlukan pencegahan ekstra bagi masyarakat yang akan melakukan travelling agar terhindar dari penularan Covid-19.

Berikut ini 5 tips yang dapat dilakukan sebelum travelling agar aman dan mencegah penularan Covid-19 di tempat yang akan dikunjungi.

  1. Periksa Kesehatan Tubuh

Hal yang sangat penting sebelum melakukan perjalanan atau travelling adalah memeriksa kondisi kesehatan tubuh dan pastikan kondisi tubuh sehat agar tidak mudah terpapar virus. Lakukan pula rapid test atau swab test mandiri untuk memastikan tubuh tidak membawa Covid-19 ke tempat wisata.

  1. Membawa Alat Kebersihan Pribadi

Sebagai bentuk pencegahan dan perlindungan diri dan keluarga, masyarakat dianjurkan untuk membawa alat kebersihan pribadi, seperti alat mandi, hand sanitizer, dan sebagainya. Gunakan selalu masker untuk mencegah penularan Covid-19 baik di perjalanan ataupun di tempat wisata.

  1. Menghindari Kerumunan dan Menjaga Jarak

Selama diperjalanan dan di tempat destinasi wisata, masyarakat diharapkan agar menghindari kerumunan dan tetap menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.

  1. Menggunakan Pembayaran Non-Tunai

Pembayaran non-tunai sangat dianjurkan dalam segala transaksi pada masa pandemi, khususnya ketika bepergian. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung dengan orang lain dan mencegah penularan Covid-19.

  1. Pilih Akomodasi yang Sudah Tersertifikasi CHSE

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menerbitkan sertifikasi bagi akomodasi pariwisata, yaitu Cleanliness, Health, Safety, and Environmental sustainability (CHSE). Hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengakomodasi wisatawan agar berwisata secara aman dan nyaman.

Baca:  Tips Memilih Hotel Pada Saat Pandemi

About Rivaldi Pamungkas